PELATIHAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SUKU KATA DIKELAS RENDAH (Studi Kasus:SDN Teluk Bango VI )
Abstrak
Desa Telukbango merupakan sebuah induk yang berdiri sejak jaman sebelum Indonesia merdeka, Desa telukbango diapit oleh dua sungai yaitu sungai citarum dan sungai irigasi, Desa Telukbango mempunyai area persawahan seluas 457 Ha. Membaca merupakan kemampuan dasar yang berhak dimiliki oleh setiap pesert didik, membaca merupakan salah satu cara peserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Dari wawancara yang dilakukan diperoleh bahwa siswa di sd telukbango masih kesulitan dalam membaca dikarenakan pada kelas 1 proses pembelajaran dilakukan secara daring karena Covid. Siswa mampu mengeja abjad akan tetapi masih ada siswa yang belum tepat dalam membaca suku kata, kata dan kalimat. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan melakukan wawancara dengan Guru kelas dan membagikan tes membaca permulaan. Tujuan metode penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan membaca permulaan pada aspek suku kata lalu menjadi kata dan kalimat sederhana. Hasil penelitian menunjukanbahwa anak anak dari Sdn Telukbango terbukti mengalami peningkatan keterampilan membaca permulaan.