STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DAN PENINGKATAN KINERJA DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL PADA UMKM KERIPIK PISANG IBU NUR DESA KUTAAMPEL

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

UMKM ialah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, dan merupakan unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau Badan Usaha disemua sektor ekonomi. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kinerja dalam menghadapi era digital pada UMKM Keripik Pisang Ibu Nur Desa Kutaampel. Strategi pengembangan usaha yang diberikan adalah dengan cara mendaftarkan UMKM tersebut ke Marketplace Shopee agar konsumen dapat berbelanja secara online, dan menciptakan inovasi produk terhadap kemasan serta rasa, guna meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Fenomenologi adalah penelitian yang dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara yng berdasarkan pada fenomena dalam satu kontek. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi Pengembangan Usaha telah diterapkan untuk meningkatkan kinerja dan berbagai program pengembangan digitalisasi UMKM dapat mempercepat proses transformasi digital dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia, yang bisa membuat UMKM bersaing lebih baik.

Diterbitkan

2023-01-18