PENGEMBANGAN PRODUK DAN DIGITALISASI UMKM TELUR ASIN HAJI NASAH DI DESA KUTAAMPEL

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan dan peningkatan daya saing dalam menghadapi kompetitif pasar mengenai pembuatan telur asin, pada UMKM di desa Kutaampel, Batujaya, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif, yaitu melakukan identifikasi berkaitan dengan pemasaran secara digital di media sosial yang dilakukan oleh UMKM dan menggunakan analisis SWOT kemudian merusmuskan model strategi untuk mengtasinya. Metode pemasaran yang kita ambil yaitu melalui media sosial Facebook, sebelumnya pemasaran yang digunakan belum melalui media sosial Facebook, dengan memasarkan produk telur asin melalui menu market place pada facebook, harapannya masyarakat lebih mudah menemui telur asin ketika ingin membeli telur asin melalui media sosial. Hasil yang di dapat dari strategi pengembangan yaitu penyediaan bantuan permodalan dari pemerintah, melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan skill dan keilmuan UMKM, pengembangan kemitraan untuk mengembangkan UMKM lebih besar, mengembangkan promosi untuk mengenalkan sebuah produk dan perlunya lembaga khusus UMKM di Desa Kutaampel untuk membantu sarana, prasarana dan jaringan usaha.

Diterbitkan

2023-01-18