MANAJEMEN STRATEGI PADA UMKM AYAM POCICA DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
Manajemen Strategi, UMKM Ayam Pocica, Pandemi Covid-19Abstrak
Pandemi Covid-19 faktanya memang mempengaruhi sektor perekonomian, tak terkecuali usaha kecil menengah (UMKM). Dibalik menurunnya pendapatannya penghasilan, namun para pelaku
usaha tetap harus mengembangkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran UMKM yang terdampak pandemi dan untuk membangun kembali strategi geliat UMKM sebagai
komoditi pembangunan perekonomian bangsa melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah untuk mengembangkan UMKM Ayam Pocica yang berlokasi di desa Pangulah Utara agar tetap bertahan, maka manajemen strategi perlu dilakukan, Langkah awal yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan memberdayakan masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bentuk pelatihan pengelolaan manajemen, administrasi, keuangan usaha, serta strategi pemasaran produk yang baik dan benar, sehingga diharapkan kualitas, kemasan, harga mampu bersaing dan perluasan saluran distribusi melalui media sosial. Hal ini tentunya mendorong meningkatnya pendapatan mayarakat pelaku UMKM. Analisis ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Target inti dari kegiatan KKN ini adalah terwujudnya manajemen usaha dan strategi, sehingga mampu meningkatkan pengetahuan dan pendapatan UMKM Ayam Pocica di Desa Pangulah Utara.