Peran Teman Sebaya dalam Mencegah dan Mengatasi Kasus Bullying pada siswa kelas 4 di SDN Cicinde Selatan 1

Authors

  • Resy Caesty Ramadhina
  • Ery Rosmawati

Keywords:

Bullying, Sekolah, Teman Sebaya

Abstract

Bullying di sekolah adalah masalah global yang merusak kesejahteraan mental siswa dan menciptakan suasana tidak aman. Kasus bullying sering terjadi di berbagai lokasi sekolah dan merupakan pengaduan utama di Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Bullying melibatkan perilaku merendahkan secara psikologis dan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Teman sebaya berperan penting dalam mempengaruhi perilaku bullying dan dapat membantu dalam pencegahan dan penanganannya. Melibatkan teman sebaya dalam program pencegahan bullying dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih inklusif dan aman. Sebelum kegiatan, dilakukan wawancara dan observasi di SDN Cicinde Selatan 1 untuk memahami fenomena bullying. Kegiatan pengabdian masyarakat pada 25 Juli 2024 bertujuan untuk mengedukasi siswa kelas 4 tentang peran teman sebaya dalam mencegah bullying. Metodenya meliputi ceramah, tanya jawab, dan sesi cerita untuk mengumpulkan informasi dari siswa mengenai pengalaman mereka dengan bullying. Hasil dari kegiatan ini siswa dan siswi menjadi
memahami mengenai bullying dan siswa maupun siswi berbagi pengalaman pribadi terkait bullying, termasuk pengalaman traumatis dari sekolah sebelumnya. Kegiatan ini menekankan pentingnya pencegahan bullying, dukungan untuk korban, dan penciptaan lingkungan sekolah yang aman dan saling menghormati, sebagai langkah menuju masyarakat yang adil dan harmonis.

Downloads

Published

2025-02-03