SOSIALISASI MENGENAI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA/SISWI KELAS VI DI SDN KALIJATI I
Abstract
Kegiatan sosialisasi mengenai kemandirian belajar pada siswa/siswi kelas VI SDN Kalijati I ini
merupakan program KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kegiatan ini dilakukan di lingkungan Desa Kalijati.
Kemandirian belajar diperlukan bagi manusia sepanjang hidupnya. Namun, siswa belum memiliki
kemandirian secara optimal dalam belajar. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui
kemandirian belajar siswa/siswi kelas VI SDN Kalijati I dalam pembelajaran. Metode yang digunakan
dalam tulisan ini yaitu kualitatif. Sosialisasi ini diikuti oleh 50 siswa/siswi kelas VI SDN Kalijati I. Bentuk
kemandirian belajar siswa yang dikembangkan di SDN Kalijati I diantaranya percaya diri, aktif dalam
belajar, disiplin, memiliki Hasrat untuk maju, mampu bekerja sendiri, tanggung jawab, dan mampu
mengambil keputusan. Untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar di Sekolah Dasar dapat
memperhatikan indikator kemandirian diantaranya: mampu menyelesaikan tugas dan tanggung
jawab percaya dengan kemampuan diri sendiri, dan mampu mengatasi masalah sendiri.