PENERAPAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA MALANGSARI

Authors

  • Fahri Shafaringgi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rengga Madya Pranata Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Masa pandemi Covid menjadi masa yang sulit bagi beberapa aspek termasuk dunia
pemasaran. Hal tersebut juga dirasakan oleh para pemilik UMKM. Melalui
pendampingan bagi beberapa mitra maka penting untuk mencari tahu apakah
penggunaan Media Sosial dapat membantu meningkatkan penjualan produk bagi
pemilik UMKM. Tolak ukur yang digunakan untuk mencari tahu ketepatan
penggunaan Sosial Media dapat dilihat dari segi mode transmisi, waktu, konteks,
format dan reception. Responden yang menjadi mitra penelitian adalah para pemilik
UMKM yang baru menjalankan usahanya dan belum memiliki cara untuk memasarkan
produknya yang stabil. Selain itu, pemilihan responden juga dilihat dari merosotnya
penjualan selama masa pandemi Covid ini muncul. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Media Sosial memberikan pengaruh positif bagi pemilik UMKM untuk
meningkatkan penjualan dan memudahkan para pembeli untuk membeli produk
pemilik UMKM tersebut. Kombinasi dari mode transmisi, waktu, konteks dan format
yang tepat pada Media Sosial ini menghasilkan pengaruh positif pada timbal balik, baik
dari segi proses komunikasi maupun dari peningkatan penjualan produk. Selain itu alat
komunikasi pemasaran seperti periklanan, direct marketing, sales promotion, dan
public relations dapat tetap diorganisir dengan menggunakan Media Sosial. Alat
pemasaran yang paling menunjukkan hasil yang signifikan adalah penggunaan direct
marketing dan sales promotion. Meskipun demikian, para pelaku usaha mengaku
bahwa pesan promosi pemasaran masih terdampak lebih besar jika dilakukan secara
langsung.

Downloads

Published

2023-03-08