POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA SAMPALAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pola asuh orang tua yang diterapkan oleh orang tua dalam memotivasi belajar siswa sekolah dasar di Desa Sampalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 5 siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pola asuh orang tua berbeda-beda yang diterapkan orang tua. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, satu dari lima orang tua menggunakan pola asuh permisif dan sisanya menggunakan pola asuh otoriter. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh dan peran serta orang tua berdampak positif pada motivasi belajar siswa sekolah dasar.