PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA SINDANGSARI

Authors

  • Nofita Sari Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Desa Sindangsari adalah salah satu desa di Kecamatan Kutawaluya, kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Potensi desa mayoritas berupa persawahan, sedikit perkebunan, tempat pertenakan ayam dan beberapa UMKM, salah satunya pembuatan kerupuk ikan. Untuk meningkatkan UMKM nilai kerupuk ikan di Desa Sindangsari maka market place harus diperluas. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu para pelaku usaha dalam menghadapi turunnya perekonomian dan dapat peningkatan penjualan produk UMKM di era digital ini. Pada sosialisasi UMKM ada beberapa tahapan pemberian materi tentang proses packaging dan pemasaran untuk lebih dikembangkan dengan cara digitalisasi. Manfaat e-commerce dan media sosial dan proses pemasaran, aplikasi media sosial yaitu instagram yang digunakan untuk menginformasikan produk yang mereka jual. Perubahan cara memasarkan produk menggunakan media sosial memberikan manfaat dan hasil yang lebih baik lagi dan semakin terkenalnya produk yang ditawarkan dan naiknya angka penjualan tersebut. Karena mitra memiliki akses yang lebih luas tidak hanya di desa Sindangsari saja.

 

Downloads

Published

2023-02-15