INTEGRASI ILMU PSIKOLOGI DALAM KEGIATAN PEMASARAN UMKM DIDESA JATIMULYA

Authors

  • Ai Teti Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

ABSTRAK

Psikologi pemasaran pada hakekatnya adalah integrasi ilmu psikologi dan perilaku manusia ke dalam kegiatan pemasaran untuk mensukseskan tujuan pemasaran yaitu penjualan yang maksimal. Pada pelaku UMKM ilmu psikologi pemasaran tentunya sangat penting untuk dikuasai, agar penjualan dapat menikmat dari waktu ke waktu, selain itu ilmu psikologi pemasaran pun berguna agar pelaku UMKM tidak hanya memperhatikan produk yang ia jual, tetapi memperhatikan sikap dalam kegiatan jual beli dengan konsumen agar konsumen merasa puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan pelaku UMKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan psikoedukasi kepada pelaku UMKM mengenai bagaimana mereka menghadapi konsumen, memahami keinginan konsumen dan apa yang dibutuhkan konsumen. Sosialisasi yang dilakukan di desa Jatimulya dilakukan secara offline dan dihadiri kurang lebih 20 orang pelaku UMKM. Sosialisasi dilakukan dengan nonformal dan pelaku UMKM dengan bebas menyampaikan pertanyaan, mengutarakan pendapat dan kendala selama menjadi pelaku UMKM. Untuk penelitian pada pelaku UMKM menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif. Penelitian tersebut bermaksud untuk mengetahui fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil dari sosialisasi dan diskusi dengan pelaku UMKM, sebagian besar pelaku UMKM di desa Jatimulya mengalami kendala dalam kegiatan pemasaran, permasalah tersebut berlarut-larut dan tanpa solusi yang menyebabkan UMKM di desa Jatimulya lama berkembang. Ilmu psikologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi pemasaran yaitu strategi yang berfokus pada konsep dan tips psikologi pemasaran. Dengan diberikan sosialisasi tentang ilmu psiklogi pemasaran, diharapkan pelaku UMKM dapat lebih menguasai konsep dan tips pemasaran berdasarkan ilmu psikologi agar lebih memahami dari sudut pandang konsumen.

 

Downloads

Published

2023-02-13