UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN DARI SEGI KEMASAN PADA UMKM SAMBEL SEREH MAK BANIH DI DESA PURWAMEKAR, KARAWANG
Abstract
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk implementasi kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Universitas Buana Perjuangan Karawang (UBP) yang memberlakukan KKN secara hybrid (online-offline) yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran digital pada UMKM. Salah satunya yaitu Sambel sereh Mak Banih yang terbuat dari olahan sereh, bawang merah, kunyit, kacang tanah, cabai, garam, terasi, dan lempuyang. namun dengan adanya kendala pada kemasan yang masih tradisional dan juga kemasan yang kurang menarik, produk ini kurang dapat bersaing dengan produk serupa dari kompetitor. Melalui perancangan ini, ingin membuat kemasan Sambel Sereh Mak Banih ini dapat memenuhi fungsi-fungsi dalam pengemasan dan juga meningkatkan brand image. Dan diharapkan produk ini mampu bersaing dengan kompetitor dan juga menarik lagi calon konsumen dari berbagai kalangan