PERANCANGAN PACKAGING, REDESIGN LABEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFIT UMKM RENGGINANG TEH ENTIN
Abstract
Perkembangan industri di Indonesia memberikan perubahan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bersaing memenuhi kebutuhan konsumen. Obyek penelitian ini pada UMKM Rengginang Teh Entin di Desa Cibadak Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang dengan berbahan dasar beras ketan dicampur terasi yang diolah menjadi makanan ringan Rengginang. UMKM Rengginang Teh Entin memiliki peluang masuk di pasar swalayan. Namun identitas UMKM Rengginang Teh Entin masih belum jelas dalam penerapan visualnya. Sehingga perlu meredesain label yang memiliki kekuatan identitas citra produk rengginang. Upaya redesain dan media promosi dalam meningkatkan daya beli masyarakat adalah bagian dari proses mengungkap problematika yang dihadapi oleh UMKM Rengginang Teh Entin, terutama bertujuan peningkatan citra produk makanan ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil lapangan digunakan untuk analisis SWOT. Hasil yang di dapat dari strategi pengembangan yaitu penyediaan bantuan permodalan dari pemerintah, melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan skill dan keilmuan UMKM, pengembangan kemitraan untuk mengembangkan UMKM lebih besar, mengembangkan promosi untuk mengenalkan sebuah produk dan perlunya lembaga khusus UMKM di Desa Cibadak untuk membantu sarana, prasarana dan jaringan usaha.