PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SOFABED CIDORO MANDIRI DESA CIGUNUNGSARI

Authors

  • Muhammad Fauzi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah atau yang selanjutnya kita sebut sebagai UMKM adalah suatu bentuk usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang biasanya bergerak dalam ruang lingkup kegiatan perdagangan. Tujuan dari pelaksanaan kuliah kerja nyata di desa Cigunungsari untuk memperbaiki kekurangan dan permasalahan yang ada di desa Cigunungsari Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang terutama di bidang UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif, karena penulis mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan UMKM dan di sesuaikan dengan tujuan penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan data primer, yaitu data yang di peroleh secara langsung dari objek penelitian. Sumber data ini di peroleh dengan wawancara dan observasi secara langsung ke pemilik UMKM Sofabed Cidoro Mandiri. Sedangkan studi pustaka (literature study) yang dilakukan oleh penulis untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan diteliti. Masalah yang di hadapi oleh UMKM sofabed Cidoro Mandiri adalah pemasaran atau promosi produk yang kurang diperhatikan dan direncanakan dengan baik sehingga kurang terekspos dalam hal pemasaran. solusi UMKM Sofabed Cidoro Mandiri terkait permasalahan yang di alami saat ini yaitu dengan cara melakukan permasaran sofabed melalui sosial media yang mana sofabed Cidoro Mandiri dipasarkan di media sosial yaitu What’s App (WA), Instagram (IG), Tiktok, dan Facebook. Media e-commerce seperti Lazada, Tokopedia, Shopee dll. Dalam pemasaran di media sosial yang di unggah

 

adalah menggunakan pamflet dan video singkat terkait pemasaran sofabed Cidoro Mandiri.

 

 

Downloads

Published

2023-02-02