METODE PROJECT BASED LEARNING MELATIH PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SDN 1 CIKUNTUL DENGAN MEDIA PUZZLE

Authors

  • Saoki Rahman Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anis Fitri Nur Masruriyah Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Desa cikuntul memiliki beberapa instansi Pendidikan untuk mengembangkan potensi anak-anak di desanya, tentunya anak tidak lepas dari kesulitan atau masalah dalam dunia Pendidikan, strategi pemecahan masalah dikembangkan sebagai suatu cara yang memberi kesempatan pada anak untuk memecahkan masalah sederhana melalui kegiatan merencanakan, meramalkan, membuat keputusan, mengamati hasil tindakannya, banyak sekali metode yang dapat dilakukan pengajar dalam menerapkan pemecahan masalah namun aktualnya, pengajaran metode ceramah masih mendominasi di kalangan sekolah dasar, gaya mengajar ini membuat anak-anak menjadi bosan, maka dari itu peneliti mencoba dengan metode lain, salah satunya dengan metode model pembelajaran Project Based Learning, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan pada Kamis Tanggal 21 Juli 2022 yang dilaksanakan di SDN 1 Cikuntul, Kec. Tempuran Kab.Karawang, Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan melatih pemecahan masalah pada siswa SDN 1 Cikuntul dengan media puzzle, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan puzzle dalam melihat kemampuan pemecahan masalah pada siswa SDN 1 Cikuntul yang di ambil dari 4 grup dimana setiap grup terdiri dari 8-10 siswa, hasil menunjukan para siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan puzzle yang diberikan, dari 30 menit yang diberikan, hanya satu kelompok yang dapat menyelesaikan puzzle nya, pembelajaran-pembelajaran lain seperti belajar matematika menggunakan monopoli, ataupun pemanfaatan teknologi seperti aplikasi quizizz dapat dijadikan salah satu sarana dalam pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan.

Downloads

Published

2023-01-31