SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN E-C OMMERS PADA UMKM DESA PISANGSAMBO

Authors

  • Khoirul Abidia Reivan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ery Rosmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Selain itu UMKM memiliki peran penting karena terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi. Tujuan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui KKN ini adalah memperbaiki aspek pemasaran dengan memanfaatkan media sosisal dan E-Commers melalui kegiatan sosialisasi. Target pada kegiatan ini meliputi Usaha Mikro Kecil Menengah desa Pisangsambo. Permasalahan utama dari UMKM Pisangsambo ini adalah pelaku usaha kurang atau bahkan tidak fokus pada pengelolaan pemasaran secara digital dan lebih mengandalkan sistem pemasaran yang masih konvensional seperti sistem pemesanan barang serta penjualan barang yang masih dari mulut ke mulut, sehingga menyebabkan penjualan produk yang stagnan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan metode sosialisasi pemanfaatan media sosial dan E-Commers. Hal ini juga diharapkan dapat menjadi satu langkah lebih maju ke era digital agar pelaku UMKM bisa lebih memanfaatkan media informasi yang sudah ada. Dengan edukasi yang telah didapatkan UMKM, maka wujud kegiatan ini memberikan materi dan motivasi agar dapat merubah cara berfikir para pelaku UMKM, guna memiliki keberanian dalam memasarkan produk secara online.

Downloads

Published

2023-01-30