INOVASI PADA PRODUK UMKM TELUR ASIN DI DESA KUTAAMPEL
Abstract
Menghadapi persaingan yang semakin kompetitif menuntut pelaku usaha untuk mencari solusi baru dalam mengembangkan usahanya, khususnya dalam hal pengembangan produk strategi inovasi perlu dikembangkan dan dilakukan tanpa inovasi pelaku usaha akan mati sebaliknya pelaku usaha yang melakukan inovasi secara terus menerus akan dapat mendominasi pasar, dengan keatifitas, model dan penampilan produk yang baru. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui inovasi produk pada UMKM Telur asin di Desa Kutaampel, Kecamatan Batujaya, Karawang milik ibu H.Nasah. Metode yang dilakukan dengan mewawancarai pemilik usaha dalam menerapkan inovasi produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa UMKM Telur asin bisa menerapkan tiga jenis inovasi produk yang terdiri dari: inovasi logo produk, inovasi kemasan, inovasi varian rasa. Berdasarkan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa UMKM Telur asin milik H.nasah akan diberikan pemahaman pentingnya inovasi produk untuk meningkatkan kualitas dan penjualan usaha yang sedang dilakukan.