IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM KERIPIK PISANG DESA GEMPOLKARYA

Authors

  • Abrori Yanuar Ramadhan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Afif Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM memiliki peranan yang sangat besar dan penting dalam memajukan perekonomian masyarakat Indonesia. Pemberdayaan UMKM di tengah arus globalisasi serta tingginya persaingan membuat UMKM harus mampu menghadapi tantangan global seperti meningkatkan inovasi produk atau jasa, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, agar memperluas area pemasarannya. UMKM keripik pisang Bu Ersa ini beralamat di Dusun Gempoljaya RT 04 RW 02 Desa Gempolkarya Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. UMKM ini berdiri pada Tahun 2022. Awalnya UMKM ini melakukan pemasaran dengan cara menitipkan produk pada warung-warung sekitar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemasaran dengan cara menitipkan produk ke warung-warung sudah ketinggalan zaman dan pembagian tugas sederhana telah diterapkan. Namun perekrutan karyawan atau tenaga kerja untuk UMKM keripik pisang ini belum dilakukan secara benar karena secara umum masih melibatkan unsur keluarga saja, dengan alasan keterbatasan biaya untuk bisa menggaji tenaga kerja dan tempat produksi yang kurang memadai. Tujuan dari penelitian ini yaitu memahami suatu permasalahan yang terdapat pada UMKM di Desa Gempolkarya, khususnya pada UMKM keripik pisang. Selain itu, tujuan dari kegiatan KKN ini yaitu melakukan pembinaan atau pendampingan guna meningkatkan pemahaman kepada para pelaku UMKM atas penerapan digitalisasi bagi usahanya.

Downloads

Published

2023-01-25