PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM DI DESA PISANGSAMBO KECAMATAN TIRTAJAYA KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh semua masyarakat, bahkan UMKM juga merupakan jenis usaha yang dapat digunakan oleh pemerintah untuk mengatasi perekonomian masyarakat indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha mikro kecil dan menengah merupakan penopang terbesar dalam perekonomian dalam negeri, bagaimana usaha mikro kecil dan menengah ini memberikan kontribusi angkatan kerja yang artinya mampu mereduksi angka pengangguran, sehingga menekan angka kemiskinan, mampu meningkatkan kesejahteraan dan dapat membangun karakter bangsa melalui pendidikan kewirausahaan. Kondisi klasik yang dirasakan para UMKM dari waktu ke waktu sudah lazim diketahui antara lain, aspek permodalan, sumberdaya manusia, minimnya jaringan untuk pengembangan bisnis, ini semua merupakan kondisi internal yang dialami oleh UMKM. Sementara itu terdapat permasalahan lain secara eksternal diluar kendali UMKM antara lain, tingkat kompetitor, insfratuktur dalam memasarkan produk, dampak pasar bebas menjadi beban mereka dalam mengembangkan usaha. Dalam kegiatan KKN atau pengabdian kepada masyarakat membantu pelaku UMKM untuk memahami perilaku konsumen sebagai strategi pemasaran, perilaku konsumen sangat beraneka-ragam dan bisa berubah-ubah, untuk para UMKM agar dapat memahami dan melakukan pendekatan dengan pengelompokan perilaku yang beraneka-ragam tersebut, sehingga bisa mengetahui motivasi dan faktor -faktor yang melatar belakangi konsumen dalam perilaku pembelian. Metode pelaksanaan dari kegiatan ini dimulai dari mengidentifikasi potensi desa, pelibatan masyarakat, hasil dan evaluasi kegiatan, dan pelaksanaan program kerja. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memperoleh pengetahuan peran digital marketing terutama srategi pemasaran online dan pengembangan inovasi produk. Tujuan dilaksanakannya kegiatan workshop digital marketing ini adalah memberikan pengetahuan tentang pentingnya menerapkan strategi pemasaran digital serta meningkatkan industri yang ada di desa Pisangsambo agar mampu bersaing seiring dengan perkembangan zaman.