PENGEMBANGAN BRAND PADA UMKM KONVEKSI SUPARMAN
Abstract
Menciptakan sebuah brand merupakan salah satu hal yang penting dalam persaingan pasar global, baik usaha berskala besar maupun usaha berskala kecil, brand juga dianggap memiliki nilai yang sama dengan sebuah reputasi. Keunggulan sebuah brand bisa menjadi pembeda dengan produk pesaing yang hendak ditawarkan oleh perusahaan yang bertujuan untuk melekat di benak konsumen. Selanjutnya, yang menjadi sebuah pertanyaan adalah bagaimana brand tersebut dapat tersampaikan secara baik sehingga melekat dalam ingatan konsumen. Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat ini yaitu melakukan introduksi pentingnya brand/merek dalam upaya mengembangkan usahanya. Sehingga kegiatan ini dapat dijadikan masukan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah, khususnya Konveksi Suparman sebagai strategi brand dalam pengembangan usaha.Untuk dapat menjalankan kegiatan pemberdayaan UMKM ini, maka diperlukan tahapan metode pelaksanaan yang terstruktur.Kegiatan pemberdayaan ini dilakukan pada bulan Juli 2022. Sesuai dengan metode pelaksanaan yang telah dipaparkan sebelumnya, Dapat disimpulkan bahwa brand/merek sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahan, tidak hanya berlaku pada perusahaan berskala besar perusahaan berskala kecil (UMKM) pun perlu memperhatikan masalah ini.