SOSIALISASI METODE BELAJAR JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI SISWA-SISWI SMKN BATUJAYA
Keywords:
Sosialisai, Komunikasi, Metode belajarAbstract
Kurangnya rasa percaya diri saat berbicara di depan umum merupakan tantangan yang dihadapi banyak siswa, yang dapat memengaruhi kemampuan mereka dalam berkomunikasi secara efektif. Penelitian ini mengeksplorasi dampak penerapan metode belajar Jigsaw dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa ketika melakukan presentasi di depan khalayak ramai. Metode belajar Jigsaw yang melibatkan pembagian materi pembelajaran menjadi bagian-bagian kecil dan penugasan masing-masing siswa untuk menguasai serta menyampaikan bagian tersebut, memberikan struktur yang mendukung dan mengurangi tekanan individu.Dengan demikian, siswa dapat merasa lebih siap dan percaya diri, karena mereka hanya perlu mempresentasikan bagian yang telah mereka pelajari secara mendalam, serta berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka dalam presentasi kelompok. Hasil dari penerapan metode ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam rasa percaya diri siswa dan keterampilan komunikasi mereka, serta memberikan solusi praktis bagi masalah keengganan berbicara di depan umum.