SOSIALISASI PENCATATAN KEUANGAN SEDERHANA UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI KEUANGAN PADA SISWA/I MTS BAITURRAHMAN BEKASI
Abstract
Pendidikan literasi keuangan merupakan aspek penting dalam pengelolaan keuangan pribadi dan mempengaruhi kesejahteraan ekonomi masyarakat. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Baiturrahman melalui edukasi pencatatan keuangan sederhana dan pemahaman tentang perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Mengingat tingginya tingkat konsumtif di kalangan anak-anak, yang sering kali disebabkan oleh kurangnya pemahaman mengenai manajemen uang, program ini dirancang untuk mengajarkan siswa bagaimana cara menabung, mengelola keuangan, dan mencatat transaksi harian secara sederhana. Metode yang digunakan adalah
penyuluhan berbasis ceramah, pelatihan praktis, dan sesi tanya jawab, yang diikuti oleh siswa MTs Baiturrahman pada tanggal 01 Agustus 2024. Siswa diperkenalkan dengan konsep-konsep dasar pengelolaan uang, serta pentingnya menabung sejak dini sebagai langkah menuju kebiasaan finansial yang positif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan pemahaman dalam pencatatan keuangan sederhana dan motivasi untuk menabung. Program ini menekankan keterlibatan keluarga dan pendidik dalam mendukung pendidikan keuangan anak-anak, serta potensi dampaknya terhadap pengurangan perilaku konsumtif dan pengembangan kebiasaan keuangan yang sehat. Kesuksesan program ini menyoroti pentingnya integrasi literasi keuangan dalam kurikulum sekolah dan keterlibatan berbagai pihak dalam mendukung edukasi keuangan untuk anak-anak, dengan harapan siswa dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak di masa depan.