Peningkatan Pemasaran Seblak melalui Digital Marketing bagi UMKM di Desa SINDANGMULYA

  • Yeni Yulinar
  • Sri Wulan Anggraeni
Keywords: Pemasaran seblak, Digital Marketing, UMKM.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemasaran Seblak melalui Digital Marketing bagi UMKM di Desa Sindangmulya, melalui penerapan strategi pemasaran digital yang melibatkan platform media sosial dan website sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan di kampung Cibogo Tegal desa sindangmulya. Sasarannya kalangan masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan pelatihan digital marketing bagi pemilik UMKM seblak. Hasil program pengabdian ini menunjukkan bahwa digital marketing memiliki dampak positif yang signifikan terhadap UMKM seblak di Desa Sindang Mulya. Pengaruh tersebut antara lain peningkatan jangkauan pasar, visibilitas, brand awareness, efisiensi promosi, serta interaksi dan keterlibatan pelanggan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah digital marketing merupakan alat yang efektif dalam mendorong pertumbuhan bisnis UMKM seblak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat di Desa Sindang Mulya.

Published
2025-01-24