INOVASI KEMASAN UMKM SALE STRATEGI MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK MELALUI PENGEMBANGAN PACKAGING

  • Zalfa Salsabila Nurdin
  • Amir
Keywords: Kemasan produk, UMKM, Pengembangan

Abstract

UMKM merupakan roda penggerak perekonomian Indonesia. Sayangnya banyak pelaku UMKM masih melakukan penjualan secara konvensional sehingga keuntungan yang diperoleh belum maksimal. Desa Kertasari Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta memiliki potensi pengembangan usaha UMKM. Sayangnya seperti permasalahan pada pelaku usaha UMKM lainnya, pelaku usaha UMKM di Desa Kertasari belum mempernaharui cara memasarkan produknya. Oleh karna itu perlu dilakukan pendampingan mengenai branding Logo dan pembuatan kemasan produk yang manarik sebagai upaya peningkatan penjualan produk UMKM. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman para pengusaha UMKM mengenai pentingnya desain produk sebagai salah satu strategi penjualan. Kegiatan ini dilakukan di Desa Kertasari pada tanggal 7-18 Agustus 2022 yang meliputi kegiatan observasi, penyampaian materi mengenai pengembangan logo dan inovasi pada kemasan sale pisang dan yang terakhir mempacking sale pisang dengan kemasan baru yang siap dipasarkan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya perbaikan kemasan produk untuk pemasarannya. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah logo terbaru dan kemasan produk yang menarik.

Published
2025-01-24