PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UMKM SALE PISANG SYADIDA
Abstract
UMKM merupakan bentuk usaha yang dapat memberikan banyak nilai manfaat dan keuntungan bagi masyarakat. Keberadaan usaha mikro ini meningkat dengan pesat dan menjamur disetiap sudut daerah di seluruh Indonesia. Terdapat berbagai hambatan yang dihadapi pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya salah satu permasalah yang dihadapi adalah pelaku usaha masih kesulitan dalam menentukan Harga Pokok Produksi (HPP) dan harga jual produk. Menghitung harga jual suatu produk secara jelas dan pasti merupakan hal yang penting bagi pelaku usaha. Perhitungan yang tepat akan memberikan keuntungan sesuai dengan harapan pelaku usaha tersebut. Berdasarkan hasil survei awal kami Pada UMKM Sale Pisang Syadida di Desa Kertasari yaitu kurangnya pendampingan dalam penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual Produk. Untuk mengatasi permasalahan ini, menggunakan Metode Kuantitatif, Praktik Langsung dengan cara bersosialisasi guna mendampingi untuk memberikan pemahaman dalam membuat perhitungan Harga Pokok Produksi dan menentukan Harga Jual pada Sale Pisang Syadida