PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK KEBANGSAAN DAN REVOLUSI AKHLAK DI KELAS V&VI DI SDN 2 BABAKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendidikan karakter kebangsaan dan revolusi akhlak pada siswa kelas V dan VI di SDN 2 Babakan. Pendidikan karakter dianggap sebagai solusi penting untuk mengatasi berbagai masalah moral yang mengancam bangsa, seperti korupsi dan perilaku menyimpang lainnya. Dengan pendekatan berbasis Pancasila dan nilai-nilai agama, program ini berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran dan kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai-nilai kebangsaan dan akhlak mulia. Metode yang digunakan meliputi ceramah dan media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan antusiasme dan minat belajar siswa, serta dukungan dari guru, yang secara keseluruhan berkontribusi pada tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas di SDN 2 Babakan. Evaluasi program ini juga memperlihatkan adanya perubahan positif dalam sikap dan perilaku siswa, mendukung tercapainya SDGs Pendidikan Desa Berkualitas.