PSIKOEDUKASI MENGGUNAKAN METODE SIMULASI LEARNING BY GAMES GUNA MELATIH MOTORIK HALUS SISWA/I KELAS II SEKOLAH DASAR DI DESA BABAKAN
Keywords:
Motorik halus; permainan puzzle; perkembangan anak; simulasi games
Abstract
kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan dengan tujuan melatih motorik halus siswa kelas II SDN 2 Babakan melalui metode simulasi "Learning by Games" menggunakan permainan puzzle. Berdasarkan permasalahan perkembangan anak yang mengalami gangguan motorik halus, kegiatan ini berfokus pada stimulasi melalui aktivitas bermain yang menyenangkan. Kegiatan dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara, ice breaking, dan pelaksanaan permainan puzzle. Hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus siswa, serta adanya manfaat tambahan dalam hal pengembangan kognitif dan problem solving.
Kegiatan ini diharapkan berkelanjutan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan motorik yang optimal.
Published
2025-01-23
Section
Articles