Pendidikan Karakter Berkebangsaan Dengan Membangun Revolusi Akhlak pada peserta didik V dan VI SDN 2 BABAKAN

  • Noviyanti marini
  • Andes Safarandes Asmara
Keywords: Pendidikan, Karakter, Berkebangsaan, Akhlak

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan nasional Indonesia. Dalam konteks yang semakin kompleks dan dinamis, pendidikan karakter menjadi sangat esensial untuk membentuk generasi yang tangguh dan berakhlak mulia. Pendidikan Karakter Berkebangsaan Dengan Membangun Revolusi Akhlak pada peserta didik ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran dan motivasi belajar siswa serta
meningkatkan kerakter berkebangsaan peserta didik dengan membangun revolusi akhlak di SDN 2 Babakan, selain itu untuk mendorong tercapainya SDGs Pendidikan Desa Berkualitas di Desa Babakan. Pembelajaran yang bermutu diharapkan dapat mendorong pendidikan desa yang berkualitas dan menciptakan generasi bangsa yang cerdas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Pendidikan karakter berkebangsaan dalam membangun revolusi akhlak ini menghasilkan perubahan yang baik pada peserta didik kelas V dan VI SDN 2 Babakan. Peserta didik mampu memahami serta membangun revolusi akhlak di kalangan remaja. Dengan demikian, siswa kelas V dan VI di SDN 2 Babakan akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan akhlak yang baik dan menjadi contoh bagi masyarakat lokal.

Published
2025-01-23