SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DENGAN TEMA “MENINGKATKAN DAYA JUAL DI MEDIA SOSIAL” UNTUK PELAKU UMKM DI DESA CIBUNTU
Abstract
Di era digital saat ini, promosi yang efektif adalah yang memanfaatkan teknologi dan media sosial. Oleh karena itu, pelaku UMKM dan masyarakat pada umumnya perlu beradaptasi dengan
teknologi modern dan memanfaatkan peluang yang ada, seperti digitalisasi bisnis dengan menggunakan alat seperti keyword tool, Google Trends, dan Facebook Ads. Penerapan
pemasaran berbasis teknologi digital diharapkan dapat membantu UMKM berkembang dan menjadi kekuatan ekonomi yang signifikan. Namun, hasil menunjukkan bahwa penggunaan
digital marketing di kalangan UMKM masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan pelaku UMKM tentang digital marketing. Kegiatan pengabdian masyarakat
setempat ini dilakukan di Desa Cibuntu, wanayasa. Berdasarkan SDGs poin ke-8 yaitu “Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata”. Tim KKN UBP Karawang melakukan Sosialisasi Digital
Marketing Dengan Tema “Meningkatkan Daya Jual Di Media Sosial” Untuk Pelaku UMKM di Desa Cibuntu. Metode dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini berupa pemaparan konsep
digital marketing, strategi dalam penggunaan digital marketing dan pentingnya media sosial bagi UMKM di Desa Cibuntu. Program Sosialisasi Digital Marketing Dengan Tema “Meningkatkan
Daya Jual Di Media Sosial Untuk Pelaku UMKM di Desa Cibuntu"Sosialisasi digital marketing ini bertujuan untuk memanfaatkan saluran online untuk memasarkan bisnis atau produk adalah
kemampuan untuk mengukur dampak dari setiap saluran dan memahami bagaimana pengunjung yang datang melalui saluran berbeda berinteraksi dengan situs web atau halaman arahan.