MEMBIMBING DAN MENGAJARKAN BACAAN AL-QUR’AN DAN SURAT-SURAT PENDEK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Artikel ini mengevaluasi berbagai metode pengajaran yang diterapkan pada siswa sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an dan menghafal surat-surat pendek. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas VI di SDN 2 Cibuntu, yang terletak di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi praktik langsung dan pendekatan berbasis pengulangan. Kedua metode ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur'an dan menghafal surat-surat pendek dengan hasil yang signifikan. Penelitian ini mengungkap bahwa pendekatan pembelajaran yang terstruktur secara efektif dapat meningkatkan kemampuan membaca AlQur'an secara substansial. Namun, penelitian juga menemukan beberapa kendala dalam proses pembelajaran, seperti kesulitan dalam metode yang digunakan dan tantangan lainnya yang dihadapi oleh siswa. Berdasarkan temuan ini, artikel ini menyarankan penerapan metode yang lebih baik dan lebih adaptif di masa mendatang untuk mengatasi hambatan yang ada dan meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an.