MEMBANGUN KEMAMPUAN KERJASAMA TIM MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TEKA-TEKI UNTUK ANAK- ANAK SDN SUMURUGUL

  • Nanda Agung Hernawan
  • Rengga Madya Pranata
Keywords: Kerja sama tim, Anak-anak usia SD, Permainan teka-teki

Abstract

Pendidikan karakter merupakan serangkaian upaya yang dilakukan untuk mendidik anak-anak agar dapat berperilaku baik serta mampu bekerjasama dalam tim. Tujuan pengabdian ini untuk mengajarkan peran kerjasama tim anak dengan meningkatkan minat berdiskusi di usia sekolah dasar melalui permainan teka-teki, sehingga interaksi anak terfokus pada pemecahan masalah dalam mengambil keputusan bersama. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pelatihan ini berupa penjelasan materi, tanya jawab dan praktek (PAIKEM). Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kualitas pengetahuan anak dan minat berinteraksi saat diskusi dalam kerjasama tim. Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari berbagai pihak khususnya siswa, mereka merasa senang dengan adanya permainan teka-teki ini karena dianggap menyenangkan sebagai bagian dari belajar. Dari kegiatan ini dapat kami simpulkan bahwa anak-anak dapat membangun kerjasama tim yang baik ketika dihadapkan suatu persoalan melalui permainan teka-teki.

Published
2025-01-22