PENDAMPINGAN BELAJAR TAJWID, HADITS DAN SEJARAH ISLAM DI MAJELIS TA’LIM HIDAYATUL MUBTADI’IN
Abstract
Pendampingan belajar Tajwid, Hadits dan Sejarah Islam ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai
Tajwid, Hadits dan Sejarah Islam di Majelis Ta’lim, serta untuk mendorong tercapainya SDGs Pendidikan Desa Berkualitas di Desa Kutamakmur. Pembelajaran yang bermutu diharapkan
dapat mendorong pendidikan desa yang berkualitas dan menciptakan generasi bangsa yang cerdas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ceramah dan Tanya jawab
dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual, yang mana seluruh siswa/I diperlihatkan suatu film pendek Ilustrasi Kisah Para Nabi dan Rasul. Peserta didik menyimak
dan diberikan pertanyaan di akhir penayangan video dengan tujuan daya ingat peserta didik bisa bertahan lama. Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual ini menghasilkan perubahan
yang baik terutama pada keaktifan peserta didik di Majlis Ta’lim Hidayatul Mubtadi’in. Peserta didik mampu memahami, mengingat materi dengan sangat baik. Hal tersebut tidak hanya
sebagai kemampuan kognitif semata, namun juga akan melibatkan aspek sikap dan keterampilan secara tidak langsung. Pemberian pengetahuan tentang Tajwid, Hadits dan Sejarah
Islam ini dilakukan agar peserta didik senantiasa mengingat dan memiliki pengetahuan serta karakter sesuai dengan norma norma agama. lalu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian, masyarakat desa memiliki generasi yang terdidik dan cerdas serta terlibat dalam membangun pendidikan desa yang berkualitas.