Peran KKN dalam Meningkatkan Branding dan Awareness UMKM Desa Kutanegara: Studi Kasus Program Pengembangan Ekonomi Lokal
Keywords:
UMKM; Branding; Awareness; Pengembangan Ekonomi Lokal; Desa Kutanegara
Abstract
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Kutanegara bertujuan untuk meningkatkan branding dan awareness UMKM lokal melalui pengembangan produk inovasi
dan strategi pemasaran. Kegiatan ini mencakup penciptaan dua produk baru, yaitu serbuk jahe dan es jeruk remas, serta rebranding produk pupuk organik dari TPS3R. Hasil kegiatan
menunjukkan peningkatan visibilitas dan penjualan produk UMKM di pasar lokal, yang pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi desa. Meskipun terdapat tantangan dalam
produksi dan distribusi, strategi branding yang efektif berhasil meningkatkan daya saing UMKM Desa Kutanegara.
Published
2025-01-21
Section
Articles