IMPLEMENTASI TOKEN EKONOMI GUNA MENINGKATKAN KEPERCAAYAN DIRI PADA SISWA SMPN 1 CIAMPEL
Abstract
kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan seseorang terhadap segala sesuatu yang menjadi aspek kelebihan yang dimiliki dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk
mencapai berbagai tujuan hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Implementasi Token Ekonomi Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri merupakan salah satu tujuan dari SDGs (Sustainable Development Goals) yang menjadikan Pendidikan Desa Berkualitas termasuk kedalam SDGs ke-4. Kepercayaan diri bagi seorang pelajar atau peserta didik menjadi sangat penting bagi kehidupannya yang juga akan mempengaruhi proses pergaulan dan proses belajarnya. Maka dengan itu untuk meningkatkan kepercayaan diri dibuatlah Sosialisasi Implementasi Token Ekonomi Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri. Kepercayaan diri bagi seorang pelajar atau peserta didik menjadi sangat penting bagi kehidupannya yang juga akan mempengaruhi proses pergaulan dan proses belajarnya. Tujuan dari Sosialisasi ini yaitu untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui psikoedukasi mengenai kepercayaan diri dengan pengenalan dengan diri nya sendiri. Pada kegiatan ini dihadiri oleh 36 orang partisipan, partisipan tersebut merupakan Siswa/i yang berasal dari Smpn 1 Ciampel di Desa Kutapohaci. Metode yang dilakukan yaitu metode ceramah, tanya jawab dan pemberian token ekonomi (reward), kemudian alat yang digunakan pada sosialisasi ini yaitu laptop dan proyektor/HP. Hasil dari sosialisasi ini yaitu partisipan dapat mengetahui bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri yang berfungsi untuk memberikan insentif positif yang mendorong perubahan perilaku dan pengembangan diri individu di SMPN 1 Ciampel yang berada di Desa Kutapohaci.