Penerapan Pembelajaran IPS Menggunakan Media Interaktif Kepada Siswa Kelas V SD Negeri Kutapohaci 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran menggunakan media interaktif dengan pendekatan metode kualitatif. Fokus utama penelitian ini adalah untuk
memahami bagaimana media interaktif dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran serta interaksi antara peserta didik dan materi ajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi pada beberapa institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan media interaktif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah dasar dan menengah yang telah mengimplementasikan media interaktif dalam kurikulum IPS mereka. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis materi ajar yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif dalam pembelajaran IPS secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah pemahaman konsep-konsep abstrak, dan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar-mengajar. Temuan ini mendukung pengembangan media interaktif sebagai alat bantu penting dalam pendidikan IPS yang lebih dinamis dan efektif. Observasi yang dilakukan peneliti menemukan masalah pada proses yaitu media pembelajaran yang diterapkan kurang kreatif dan inovatif sehingga rendahnya minat dan fokus siswa maka siswa kurangnya terlibat aktif dalam pembelajaran, hal tersebut dapat mempengaruhi nilai siswa. Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan pembelajaran digital menggunakan media interaktif. 2) Penerapan pembelajaran terhadap siswa-siswi SD Menggunakan media Video interaktif. 3) Membuat Pembelajaran agar lebih efektif dalam pembelajaran IPS di SD.