Kreativitas Siswa SD Negeri Kutapohaci 1 Melalui Kegiatan Mewarnai Lambang Pancasila
Abstract
Pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar sangat penting untuk kesuksesan mereka di masa depan. Salah satu cara untuk mendorong kreativitas adalah melalui kegiatan seni. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kegiatan mewarnai lambang Pancasila terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan 40 siswa dari kelas 2 yang masingmasing siswa diberikan sebuah woksheet mewarnai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas dan pemahaman siswa terhadap nilai dan prinsip Pancasila. Kegiatan mewarnai memberikan wadah bagi siswa untuk berekspresi secara kreatif dan berpikir kritis tentang nilai dan prinsip Pancasila. Kegiatan mewarnai memberikan wadah bagi siswa untuk berekspresi secara kreatif dan berpikir kritis tentang nilai dan prinsip Pancasila. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai dan prinsip-prinsip Pancasila lebih efektif dibandingkan pembelajaran tradisional.