PENERAPAN METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELAS 6 DI SDN MULYASARI II CIAMPEL

  • Aisyah Putri Hamidah
  • Lia Amaliya
Keywords: Anak, metode show and tell, keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas metode show and tell dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 6 di SDN Mulyasari II Ciampel. Mengingat
banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri dengan efektif, penelitian ini berusaha untuk menentukan apakah penerapan metode show and tell dapat meningkatkan
kelancaran berbicara, kosakata, dan kepercayaan diri siswa secara keseluruhan. Melalui metode observasi, penelitian ini menemukan bahwa penerapan teknik show and tell secara signifikan
meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Siswa menunjukkan peningkatan kemauan untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas, memperluas kosakata, dan menggunakan struktur kalimat
yang lebih kompleks. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti manfaat pembelajaran langsung dan pengalaman dalam pengembangan bahasa. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa metode show and tell merupakan metode yang berharga bagi pendidik untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan siswa.

Published
2025-01-21