PENERAPAN METODE SHOW AND TELL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK KELAS 6 SDN MULYASARI II, CIAMPEL KARAWANG

  • Imas Supriatin
  • Lia Amaliya
Keywords: Show and Tell; Kepercayaan diri; Anak SD

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas metode "Show and Tell" dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak kelas 6 di Sekolah Dasar Negeri Mulyasari II, Ciampel, Karawang. Metode ini melibatkan anak-anak untuk mempresentasikan dan berbagi cerita, objek, atau proyek mereka di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok perlakuan yang menerima instruksi "Show and Tell" menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri. Siswa-siswa di kelompok perlakuan menunjukkan peningkatan dalam keterampilan berbicara di depan umum, menulis, dan pemecahan masalah, serta keterampilan sosial seperti kerja sama tim dan empati. Metode "Show and Tell" dapat menjadi alat yang berguna bagi guru untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa-siswa dan membantu mereka menghadapi tantangan baru di kelas dan di luar kelas.

Published
2025-01-21