PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MIS Tarbiyatul Ulum

  • Novi Puspitasari
  • Nana Rahdiana
Keywords: LKPD, matematika, pengembangan LKPD, bahan ajar.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada mata pelajaran Matematika kelas V MIS Tarbiyatul Ulum. Adapun ruang lingkup Bahasa tulisan ini adalah bagaimana cara penyesuaian karakteristik peserta didik, Tingkat kemampuan peserta didik, meningkatkan semangat belajar peserta didik. Lembar Kegiatan Peserta didik merupakan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran untuk menerapkan atau mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh. Lembar Kegiatan Peserta didik tersebut sangat penting untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dalam menyerap dan menguasai ilmu yang telah diberikan. Melalui kegiatan mengerjakan LKPD tersebut, guru dapat mengamati peserta didik yang telah memahami materi yang diberikan dan peserta didik yang belum memahaminya. Agar tujuan diciptakannya LKPD berhasil tepat sesuai pembelajaran, maka guru harus menguasai jalannya pembelajaran dengan baik. Guru harus kreatif dalam mengelola kelas dan peka terhadap situasi dan kondisi pembelajaran terutama pada mata pelajaran Matematika. Kegunaan dari tulisan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pengaruh dari penggunaan bahan ajar LKPD pada mata pelajaran matematika kelas V MIS Tarbiyatul Ulum. Dan diharapkan dapat memberikan wawasan literatur guna kegiatan pembelajaran di zaman sekarang.

Published
2025-01-20