MENGASAH KREATIVITAS ANAK DENGAN PEMBUATAN KERAJINAN KOLASE PIPE CLEANER DI SDN BALONGGANDU II
Abstract
Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pembuatan kerajinan kolase dengan pipe cleaner terhadap kreativitas anak di Kelas 2 SDN Balonggandu II. Menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif, laporan ini melibatkan pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan dalam skor kreativitas anak, serta observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengevaluasi dampak kegiatan. Hasil laporan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kreativitas anak setelah mengikuti kegiatan kolase, dengan skor rata-rata meningkat dari 65,5 menjadi 78,2. Observasi dan wawancara juga mengungkapkan bahwa anak-anak menunjukkan peningkatan dalam keterampilan motorik halus, keterlibatan sosial, dan motivasi. Temuan ini menegaskan bahwa kegiatan seni yang interaktif, seperti pembuatan kolase dengan pipe cleaner, dapat efektif dalam merangsang kreativitas dan keterampilan sosial anak usia dini. Rekomendasi untuk praktik pendidikan meliputi integrasi kegiatan seni dalam kurikulum dan peningkatan keterlibatan orang tua serta komunitas dalam mendukung perkembangan kreativitas anak.