IMPLEMENTASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DESAIN VISUAL ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Pada era digital yang terus berkembang, teknologi informasi memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Artikel ini membahas implementasi Canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan desain visual pada siswa kelas V di SDN Cikalongsari I. Melalui pengenalan Canva, siswa diperkenalkan pada teknologi desain grafis yang relevan dan kreatif. Kegiatan ini meliputi koordinasi dengan pihak sekolah, persiapan fasilitas, pelatihan penggunaan Canva, serta evaluasi hasil belajar siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan Canva efektif dalam meningkatkan keterampilan desain visual siswa, serta memotivasi mereka untuk berkreasi lebih aktif dalam pembelajaran. Rekomendasi untuk program di masa mendatang mencakup bimbingan intensif pada tahap awal, integrasi Canva ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, evaluasi berkala, serta pelatihan bagi guru agar lebih efektif dalam mendampingi siswa.