Strategi Membangun Loyalitas Kerja pada Sektor UMKM di Desa Cikalongsari
Abstract
Loyalitas kerja memainkan peranan penting dalam keberhasilan dan keberlanjutan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya di komunitas lokal seperti Desa Cikalongsari. UMKM menjadi sosok penting dalam perekonomian negara, salah satunya Indonesia. Tentunya keberhasilan UMKM sangat diharapkan oleh setiap daerah. Melihat beberapa pelaku UMKM mengalami kendala dalam sumber daya manusia, sehingga perlu adanya pemberdayaan UMKM
guna mendukung keberlanjutan UMKM di daerah tersebut. Kendala dari beberapa pelaku UMKM yaitu kurangnya rasa loyal dalam diri tenaga kerja terhadap perusahaan dan pekerjaannya. Dengan memberikan penerangan pada pelaku UMKM untuk menerapkan strategi membangun rasa loyal dalam diri tenaga kerja seperti dengan meningkatkan kepuasan kerja, program penghargaan dan insentif, serta perhatian terhadap keseimbangan kerja-kehidupan dapat menjadi solusi yang dihadapi oleh setiap pelaku UMKM. Peningkatan kepuasan kerja berkaitan erat dengan loyalitas, di mana lingkungan kerja yang mendukung dan fasilitas yang memadai berkontribusi pada keterikatan emosional karyawan terhadap perusahaan. Program penghargaan yang adil dan sesuai dengan kontribusi karyawan juga efektif dalam memotivasi dan memperkuat komitmen mereka. Selain itu, kebijakan fleksibilitas dalam jam kerja dan perhatian terhadap keseimbangan kerja-kehidupan pribadi memberikan dampak signifikan terhadap kepuasan dan retensi karyawan. Hasil kegiatan ini memberikan panduan praktis bagi pemilik UMKM di Desa Cikalongsari untuk menerapkan strategi- strategi tersebut dalam upaya membangun loyalitas kerja karyawan. Implementasi yang efektif dari strategi-strategi ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di desa tersebut, serta meningkatkan kesejahteraan komunitas lokal.