EDUKASI MANAJEMEN WAKTU DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN WAKTU PADA SISWA SDN CIKALONGSARI I
Abstract
Manajemen waktu merupakan suatu tindakan, perencanaan, dan pelaksanaan kontrol terhadap waktu yang akan digunakan untuk aktivitas tertentu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran edukasi manajemen waktu dalam membentuk sikap disiplin waktu pada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cikalong Sari I. Kegiatan ini dilakukan melalui program pengabdian masyarakat yang melibatkan 52 siswa kelas VI A dan B. Siswa SDN Cikalong Sari I masih menunjukkan kurang disiplin waktu, seperti terlambat hadir dan mengumpulkan tugas melewati batas waktu. Hal ini memerlukan edukasi manajemen waktu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mengelola waktu. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2024 di SDN Cikalong Sari I. Metode yang digunakan meliputi observasi awal untuk mengetahui kondisi awal siswa, pelaksanaan edukasi manajemen waktu melalui penyampaian materi dan praktik pembuatan daily planner, serta evaluasi hasil melalui presentasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa edukasi manajemen waktu dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya disiplin waktu. Siswa yang mengikuti kegiatan ini menjadi lebih teratur dalam mengelola waktu dan memiliki rutinitas yang baik. Mereka juga menjadi lebih produktif dengan memiliki tujuan harian yang jelas. Edukasi manajemen waktu memiliki peran penting dalam membentuk sikap disiplin waktu pada siswa SDN Cikalong Sari I. Saran untuk keberlanjutan program ini adalah meningkatkan kesadaran guru tentang pentingnya memberikan target tugas yang jelas dan memberikan dukungan kontinu kepada siswa dalam mengelola waktu mereka.