OPTIMALISASI BRANDING DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI SERTA KEMASAN PADA UMKM LOTEK DAN RUJAK BUAH DI DESA KAMOJING
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi pada UMKM yaitu strategi branding dan kurang dalam memperhatikan kualitas proses dan kemasan yang baik pada produknya. Salah satunya yaitu
UMKM Lotek dan Rujak Buah ibu Acih di desa Kamojing kecamatan Cikampek, Karawang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN dan Dosen
Pembimbing Lapangan (DPL) Universitas Buana Perjuangan Karawang hadir untuk mengatasi permasalahan pada UMKM Lotek dan Rujak Buah ibu Acih di desa Kamojing. Permasalahan
yang ada di UMKM warung ibu Acih adalah tidak adanya identitas warung dan kuarangnya branding produk, kemasan produk yang kurang sesuai serta kurangnya kesadaran pelaku usaha
mengenai pentingnya menjaga kualitas proses produksi. Metode yang dilakukan dalam pendampingan UMKM warung ibu Acih adalah dengan menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Hasilnya Mahasiswa KKN UBP Karawang 2024 mengusulkan beberapa usulan yaitu optimalisasi branding dengan pembuatan banner dan pengadaan sarung tangan plastik dan
kemasan thinwall untuk meningkatkan kebersihan dan kualitas proses produksi UMKM