INOVASI PRODUK LOKAL JENGKOL AU AHH KHAS DESA CIKAMPEK PUSAKA
Abstract
Kegiatan inovasi ini dilakukan karena tidak adanya makanan ciri khas di Desa Cikampek Pusaka dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan bertujuan untuk
mengembangkan produk lokal melalui inovasi baru berupa kerupuk jengkol dengan nama "Jengkol Au Ahh". Program ini didorong oleh keinginan untuk memperkenalkan produk unik yang berbahan dasar jengkol dengan berbagai varian rasa seperti original, pedas dan balado yang sebelumnya belum ada di daerah lain. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi lapangan, sosialisasi, dan praktik langsung bersama masyarakat setempat, khususnya ibu-ibu pkk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa inovasi produk ini diterima dengan baik oleh masyarakat dan memiliki potensi untuk menjadi produk ciri khas Desa Cikampek Pusaka. Kesimpulannya melalui pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam pengembangan UMKM produk Jengkol Au Ahh ini diharapkan dapat dipasarkan secara luas dan menjadi ikon
kuliner lokal yang mampu meningkatkan perekonomian desa.