KELAS KREATIVITAS MENINGKATKAN MOTORIK PADA ANAK MELALUI MEDIA KOLASE
Abstract
Pendidikan di tingkat sekolah dasar memiliki peran krusial dalam pengembangan kecerdasan, moralitas, keahlian, pengetahuan, dan kepribadian anak-anak. Fokus utama dari studi ini adalah
keterampilan motorik halus, yang dapat ditingkatkan melalui kegiatan kreatif seperti kolase. Kolase tidak hanya melibatkan penggunaan otot kecil tangan, tetapi juga merangsang kreativitas
anak-anak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan kolase dalam meningkatkan keterampilan motorik halus serta mengembangkan kreativitas pada anak, Metode
yang digunakan adalah pelatihan praktek dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dan dokumentasi hasil karya anak-anak. Partisipan dalam studi ini adalah berjumlah 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan motorik halus dan kreativitas anak-anak: dari 33% menjadi 83% anak yang memiliki keterampilan
motorik halus yang memadai, serta peningkatan rata-rata sebesar 40% dalam kreativitas. Antusiasme anak-anak terhadap kegiatan kolase, khususnya yang menggunakan biji-bijian
sebagai media, terbukti efektif dalam waktu yang relatif singkat. Penelitian ini menyarankan agar kolase diintegrasikan dalam kurikulum sekolah dasar untuk mendukung perkembangan motorik dan kognitif anak secara optimal.