IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V DI SD NEGERI DAWUAN BARAT III

  • Tiara Safitri
  • Aris Riswandi Sanusi
Keywords: Pembelajaran, Media, Pendidikan, pemahaman

Abstract

Implementasi Media Pembelajaran PowerPoint pada mata pelajaran PAI kelas lima (V) di SD NEGERI Dawuan Barat III adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang akidah akhlak dan Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep PAI terutama akidah akhlak, selain itu juga untuk mendorong tercapainya SDGs Pendidikan Desa Berkualitas. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 30 Juli 2024 di SD NEGERI Dawuan Barat III Dusun Payuyon, Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Sasaran atau subjek dari kegiatan ini adalah peserta didik kelas lima (V) di SD NEGERI Dawuan Barat III. Pelaksanaan ini dimulai dengan Observasi (Pengamatan), perizinan kepada Kepala sekolah, lalu perkenalan dan pembukaan kepada peserta didik, kemudian dilanjut ice breaking diawal pembelajaran, pemberitahuan media belajar dengan powerpoint dan pengkoordinasian kelas agar tertib, pemaparan materi pembelajaran dengan media powerpoint, ulasan, diakhiri dengan mengerjakan test formatif, penutupan bersalaman lalu pemberian reward kepada peserta didik dan terakhir berdoa Bersama.Implementasi media pembelajaran PowerPoint pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas V di SD Negeri Dawuan Barat III telah memberikan wawasan baru tentang integrasi teknologi dalam pendidikan agama di tingkat sekolah dasar. Persiapan implementasi PowerPoint di SD Negeri Dawuan Barat III dilakukan secara menyeluruh dan sistematis. Sekolah melakukan pengadaan infrastruktur yang diperlukan, termasuk satu unit proyektor dan satu unit laptop dengan spesifikasi yang memadai untuk menjalankan presentasi multimedia. Penelitian ini merekomendasikan adanya studi lanjutan untuk mengukur dampak jangka panjang penggunaan
PowerPoint terhadap pemahaman dan penerapan nilai-nilai PAI dalam kehidupan sehari-hari siswa. Selain itu, perlu dikembangkan model integrasi yang lebih komprehensif antara media digital seperti PowerPoint dengan metode pembelajaran tradisional untuk menciptakan pengalaman belajar PAI yang holistik dan bermakna.

Published
2025-01-14