SOSIALISASI PENERAPAN DISIPLIN BACA TERHADAP SISWA SD DAWUAN TENGAH II

  • Ari Awaludin
  • Surya Amal
Keywords: Sosialisasi, Literasi, Displin Baca

Abstract

Sosialisasi penerapan disiplin baca pada anak SDN DAWUAN TENGAH II merupakan upaya penting dalam membangun fondasi literasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode dan dampak dari sosialisasi penerapan disiplin baca di kalangan siswa SD. Dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara dengan guru dan orang tua, serta analisis dokumen, penelitian ini menemukan bahwa penerapan disiplin baca secara terstruktur dapat meningkatkan kemampuan membaca, membentuk kebiasaan membaca, dan menumbuhkan minat baca sejak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan guru, dukungan dari orang tua, serta penyediaan bahan bacaan yang menarik dan sesuai dengan usia anak merupakan faktor kunci dalam keberhasilan sosialisasi ini. Namun, tantangan seperti keterbatasan waktu di sekolah dan kurangnya akses terhadap buku-buku bacaan yang bervariasi masih menjadi hambatan. Kesimpulannya, sosialisasi penerapan disiplin baca pada anak SD sangat penting untuk membentuk generasi yang memiliki budaya literasi yang kuat, dan memerlukan dukungan dari seluruh pihak terkait untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Published
2025-01-13