UPAYA PEMANFAATAN FACEBOOK MARKETPLACE DALAM PENGEMBANGAN UMKM IKAN CUPANG YAYA DI DESA CIKAMPEK BARAT

  • Rizqi Yosia Siringo Ringo
  • Himyatul Hidayah
Keywords: UMKM; Facbook Marketplace; Pengembangan

Abstract

Media sosial adalah alat atau sarana yang dapat diakses oleh semua orang tanpa adanya batasan waktu dan jarak selama terdapat jaringan internet. Adanya media sosial yang mempunyai akses luas, mudah, dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani mempromosikan produk-produknya sebagai media pemasaran yang efektif dan efisien. Objek dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah Ikan Cupang Yaya di Cikampek Barat. Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam pengembangan UMKM. Tujuan dari kegiatan penelitian ini memberikan pengetahuan tentang pentingnya Digitalisasi melalui media sosial seperti membuka toko di Instagram, Tiktok, maupun Facebook yang dapat
memberikan atau dorongan penjualan produk sehingga diharapkan omset penjualan semakin meningkat. Metode penelitian yang digunakan untuk penulisan artikel ini adalah metode penelitian kualitatif yang disusun secara deskriptif. Oleh karena itu, peran teknologi diperlukan dalam mendorong keberhasilan perusahaan untuk memperluas akses pasar melalui pemanfaatan teknologi informasi berbasis media sosial terutama dalam pemanfaatan Facebook Marketplace yang dapat digunakan sebagai media komunikasi pemasaran modern. Dengan adanya program Kuliah kerja Nyata diharapkan kegiatan penyuluhan dan pelatihan tentang pengembangan UMKM di Desa Cikampek Barat melalui media sosial berupa Facebook Marketplace dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya media sosial dalam mengembangkan bisnis sekaligus mengikuti perkembangan zaman dan dapat dimanfaatkan
semaksimal mungkin.

Published
2025-01-13