PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN DAN STRATEGI PEMASARASAN DIGITAL PADA UMKM KERIPIK PISANG BAROKAH

  • Cecep abdul wahid
  • Dwi Sulistya Kusumaningrum
Keywords: UMKM sukasari, Digital Marketing, SDGS desa

Abstract

Kuliah kerja nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu, Usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) pada desa sukasari didominasi oleh industri makanan Keripik pisang barokah adalah salah satu usaha kecil menengah yang bergerak dibidang industri makanan ringan didesa sukasari, produk dari keripik pisang barokah yaitu makanan ringan yang berupa keripik pisang dengan rasa manis dan asin. Permasalahan yang terjadi pada keripik pisang barokah yaitu desain kemasan yang masih menggunakan kemasan
plastik polos tanpa desain. Strategi pemasaran yang disarankan oleh mahasiswa yaitu dengan membuat media sosial untuk pemasaran secara online. Hasil dari pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada usaha keripik pisang barokah yaitu membuat produk menjadi terlihat lebih menarik dan mahasiswa juga memamerkan produk keripik pisang barokah di acara paten yang diadakan dikecamatan purwasari sebagai bentuk pemasaran secara offline. Hal ini sesuai
dengan program SDGS desa ke-8 yaitu pertumbuhan ekonomi desa merata dengan peningkatan UMKM lokal.

Published
2025-01-13