SOSIALISASI IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 PURWASARI
Abstract
Pendidikan menempati urutan terpenting dalam kehidupan. Pendidikan menjadi salah satu prioritas utama dalam pendidikan, karena memiliki kekuatan yang signifikan terhadap pengembangan siswa menjadi individu yang berwawasan, beretika, dan berprestasi. Sekolah adalah tempat anak-anak untuk mengenyam pendidikan. Pendidikan yang bersifat pengetahuan umum dan pendidikan keagamaan pasti dipelajari di sekolah. Keberhasilan pendidikan di sekolah juga mengacu kepada manajemen kegiatan pembelajaran sebagai barometernya. Manajemen pendidikan karakter adalah suatu pendekatan yang berfokus pada
pengembangan karakter siswa melalui pendidikan dan pelatihan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui seberapa penting manajemen organisasi dalam pendidikan ini untuk mencetak peserta didik yang berkarakter atau memiliki karakter yang baik. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi mengenai manajemen pendidikan karakter. Metode tanya jawab digunakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Pembahasan yang dikaji dalam artikel ini ialah mengenai pentingnya
manajemen pendidikan karakter terhadap pembentukan karakter siswa. Dalam hal pendidikan karakter tentu kita tidak bisa lepas dari pembelajaran agama, yaitu adab dan akhlak. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengembangkan kemampuan- kemampuan dasar dan kemampuan-kemampuan soft skill.